Blogger Widgets
SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA- SEMOGA ARTIKEL-2NYA DAPAT BERMANFAAT BAGI ANDA- TERIMA KASIH

Wednesday 26 December 2012

Panhard VBR (Vehicule Blinde a Roues) - Prancis



Panhard VBR (vehicule Blinde a Roues) kendaraan lapis baja multiguna dikembangkan sebagai usaha swasta menyusul kesuksesan mobil militer   hasil pengembangan Panhard lapis baja. 



Kendaraan dapat melakukan berbagai misi pertempuran. Panhard prototipe pertama  pada tahun 2002. 




Prototipe pertama dari Panhard dilengkapi dengan pengendalian stasiun senjata jarak jauh , dipersenjatai dengan senapan mesin 12,7 mm.  Panhard dapat dilengkapi dengan berbagai senjata, seperti 40-mm peluncur granat otomatis, meriam, atau anti-tank.




Senjata dari Panhard memberikan perlindungan dari tembakan senjata kecil dan serpihan artileri shell. Add-on baja komposit memberikan perlindungan terhadap 14,5 mm-armor-piercing proyektil. 



Berat kendaraan ini adalah 10 ton kelas 4x4 roda APC dengan berat tempur 7,5 ton, dan payload dari 2,2 kemampuan payload ton. Panhard dilindungi terhadap senjata ringan, ranjau anti tank dan ancaman CBR.



Panhard memiliki lantai berbentuk V untuk memberikan peningkatan perlindungan terhadap ranjau darat. Kendaraan ini juga dilengkapi dengan anti-lapisan ranjau , serta perlindungan NBC dan sistem pencegah tembakan.



Panhard memiliki awak dua dan menyediakan akomodasi untuk 2 sampai 7 tentara, tergantung pada varian misi. Kendaraan memiliki muatan 2 - 2,5 t.




Untuk mengurangi biaya harga Panhard menggunakan komponen yang tersedia secara komersial, termasuk mesin diesel dan transmisi. Kendaraan ini didukung oleh mesin diesel MTU 4R106, mengembangkan 325 hp. 





Panhard dilengkapi dengan run-flat ban dan sistem ban inflasi pusat. Kendaraan tidak amfibi, namun sistem propulsi amfibi itu sedang dalam pembangunan.




Specipikasi Panhard VBR

Entered service
-
Crew
2 men
Personnel
2 - 7 men
Dimensions and weight
Weight (empty
7.6 t
Weight (in combat order)
11.5 t
Length
5.45 m
Width
2.5 m
Height
1.99 m
Armament
Machine guns
1 x 12.7-mm
Ammunition load
Machine guns
?
Mobility
Engine
MTU 4R106 diesel
Engine power
325 hp
Maximum road speed
110 km/h
Range
over 1 000 km
Maneuverability
Gradient
60%
Side slope
30%
Vertical step
?
Trench
?
Fording
1 m


Sumber : http://www.military-today.com/apc/panhard_vbr.htm
          

No comments: